Pitch Black

Pitch Black

Pitch BlackPitch Black menjadi moniker yang terpilih waktu saya memutuskan untuk menamai entitas saya dalam fotografi musik. Jangan tanya kenapa nama itu yang terpilih. Belakangan saya juga sadar kalau ada judul film yang judulnya Pitch Black. Yang jelas nama Pitch Black terdengar catchy dan sangar — sampai-sampai kartu nama saya juga hitam semua warnanya..hehe.

Awal tahun 2012, untuk pertama kalinya saya punya DSLR. Fotografi baru benar-benar saya pelajari justru setelah memiliki kamera digital. Belajar dan belajar, sampai akhirnya di awal tahun 2013 saya tinggal selama tujuh minggu di Jakarta dan selama itu pula saya mendapat banyak kesempatan menonton konser band-band yang saya suka.

Kamera yang saya pakai waktu itu adalah Nikon D5100 dengan lensa prime Nikkor 50mm f1.8 D, sambil sesekali kembali ke lensa kit 18-55mm karena butuh view yang lebih lebar.

JFCC 2013

JFCC 2013 adalah konser pertama yang saya datangi sambil membawa kamera. Waktu itu JFCC diisi oleh Sigmun, Negative Lovers, Jirapah dan Jamie Adhitya. Jujur aja, saya datang karena penasaran dengan penampilan Sigmun 😛

Sigmun
Sigmun @ JFCC 2013 (photo by Ekodimus)
Mar Galo
Mariati Galatio – Jirapah, live @ JFCC 2013 (photo by Ekodimus)
Jirapah
Jirapah, live @ JFCC 2013

JFCC 2013 memberi kesempatan bagi saya untuk belajar memotret di stage kecil, tata cahaya minimalis, dan dalam jarak yang sangat dekat dengan musisi-musisi yang tampil. Gak perlu desak-desakan dengan penonton, karena acara ini lumayan obsecure (kata Wendi Putranto setahun kemudian) jadi penontonnya sedikit, saya bisa pindah-pindah tempat semaunya untuk nyari sudut yang mantap.

Btw, Mariati Galatio manis juga yak..

Acreate 2013

Kesempatan berikutnya adalah Acreate 2013 di Balai Kartini, Jakarta. Venue-nya lebih besar dari JFCC, dan tata panggungnya lebih komplit dengan backdrop dan tata cahaya yang canggih. Pengisi acaranya lebih variatif -White Shoes and the Couple Company, The Upstairs, The S.I.G.I.T, RNRM, Homogenic, dan Agrikulture- dengan aksi panggung yang lebih seru.

WSATCC
WSATCC live @ Acreate 2013
Aprilia Apsari
Aprilia Apsari – WSATCC

Jimi Multhazam (the Upstairs) yang manggung setelah WSATCC sempat nyeletuk di atas panggung, “Eh, itu vokalis tambah kece aja ya..” LOL

Jimi
Jimi – The Upstairs, live @ Acreate 2013
RNRM
RNRM live @ Acreate 2013
Rekti vs Ridho
Rekti the S.I.G.I.T vs Ridho Hafidz live @ Acreate 2013
DSC_0398
Ridho Hafidz – feat The S.I.G.I.T live @ Acreate 2013
Farri
Farri – The S.I.G.I.T live @ Acreate 2013
Farri & Rekti
Farri & Rekti live @ Acreate 2013

Ditutup dengan yang segar dari Homogenic 😀

Homogenic

Homogenic
Homogenic live @ Acreate 2013

Acreate 2013 bisa dibilang full penonton, jadi (karena saya gak punya press pass) harus desak-desakan di barrier panggung. Setelah WSATCC tampil, saya mulai nyari spot yang bisa ngasi view lebih bagus untuk lensa 50mm. Posisi menentukan komposisi, begitu kira-kira yang ada di pikiran saya waktu itu. Hasilnya, ..well, not bad.

Akhirnya boleh dibilang kedua event inilah yang meyakinkan saya kalau fotografi musik itu menyenangkan. Saya suka musik dan fotografi, jadi kalau dua-duanya mau dinikmati bersamaan, kenapa tidak kan? And the story begun..

Leave a Reply

